Lazarus, Kebangkitan Ketika Mati

Ketika lazarus mati diantara orang dari Betania, maka Yesus membangkitkannya melalui kubur hal ini diketahui bahwa tidak ada yang bisa mengantikannya. Martha yang tidak percaya kepada Tuhan akhirnya Percaya.

Ketika perjalanan hidup rohani yang tidak percayaa akan Tuhan Yesus maka, ada yang tidak semangat dalam kehidupan akhir kematian hidupnya. Maria datang dan mengunjunginya dengan adanya kebangkitan Yesus dengan adanya pengetahuan medis.

Memperoleh kehidupan yang kekal di Surga tentu impian dan dambaan semua orang yang berasal dari kalangan umat kristiani. Dalam hal ini, ditempatkan disetiap perjalanan hidup umat katolik sebagai jalan dari kekudusaan hidup manusia. 

Lazarus adalah tunawisma dan sangat miskin hidupnya kemungkinan besar dari kehidupan orang Yahudi yang digambarkan sebagian orang disini adalah ulah dari setiap konflik di masa lalu yang terjadi.

Ketika penginjilan yang terjadi dengan demikian, tidak ada yang semangat untuk menggunakan nama ini, Lazarus, untuk komunitas gereja katolik tertua di Kalimantan Barat, enggan kadang tidak semangat untuk menggunakan nama ini, katanya demikian. Kemiskinan hidupnya ditandai dengan hidup yang berasal dari kalangan miskin terutama berkelas sosial menegah kebawah. Dengan kondisi seperti itu, maka hidupnya biasa – biasa saja.

Pelayanan umat katolik dengan demikian berasal dari kalangan miskin yang berasal dari ketidakpercayaan Tuhan dan manusia. Maka, seringkali terjadi adanya manusia dengan hidup yang tidak baik sesuai dengan hidupnya di masa lalu. Dengan begitu, gambaran hidupnya tampak pada aspek kehidupan yang terus untuk memperoleh kehidupan yang layak.

Yesus datang terlambat untuk menolong karena dalam hal ini, terjadi dengan adanya injil dari Tuhan menceritakan adanya perbedaan dan pandangan hidup tentang agama katolik dalam kehidupan di masa lalu, ketika Lazarus mati dan di tutup dengan batu besar itu. Maka, dijelaskan bahwa kondisi kehidupan lazarus akan tampak pada pengalaman hidup dan  filsafat pada kehidupan akhir manusia.

Dalam keadaan duka dan kehidupan yang tidak baik, akan terjadi pada komunitas, umat katolik dengan adanya kehidupan yang tidak baik, namun memperoleh kehidupan baru dalam rumah tangga, maka Novena sebagai jalan kehidupan rohani gereja katolik untuk meninggalkan keluarganya terutama bagi mereka yang tidak percaya kepada Yesus.

Maka, ditentang oleh kaum rohani yang tidak percaya akan Tuhan Yesus dan memiliki kehidupan yang bar – bar hidupnya menjadi tidak baik, dan berantakan atau berhala dan tidak percaya Tuhan. Itulah kehidupan umat kristiani di setiap komunitas yang kita tinggal hingga saat ini, mengenai Lazarus. 

Misi pelayanan duka ini, hanya akan menjadi awal dari kedok agama katolik jika dipahami bahwa pedesaan kehidupan dan budaya yang bar – bar masih akan terjadi dengan adanya mistik dan penyembahan berhala.

 

0 comments

Recent Posts Widget
close