Sultan Agung Dan Jan Pieterszoon Coen

Pada abad ke 17, dimana kehadiran orang Eropa di Kepulauan Indonesia membawa perubahan kecil dalam konstelasi politik wilayah itu. Kerajaan yang sampai kedatangan Portugis berperan penting dengan keunggulan selama abad ke-16, kedua hal itu merupakan kekuatan laut yakni, Demak, Malaka, Johor dan Ternate yang berhasil menahan pertumbuhan dominasi Portugis.

Apa yang menyebabkan Demak runtuh ketika itu, serta Negara pedalaman Mataram, Johor untuk sesaat berharap punya kesempatan memulihkan kekuasaan lamanya dengan pertolongan orang Belanda yang baru tiba, mungkin dikecewakan dan akhirnya mencari perdamaian dengan lamanya di Malaka.
Dalam hal ini, Aceh menjadi Negara utama dibagian Barat laut kepulauan Indonesia, dengan mendominasi daerah pantai yang hampir seluruh Sumatra. Serta pelabuhan Aceh dengan utara pulau yang menjadi tempat perhatian alami bagi orang-orang Eropa yang datang dari Barat.

Apa yang menjadi kekhwatiran ketika itu, hal itu merupakan salah satu kenyataan bahwa raja Aceh memusatkan perdagangan lada dari hampir seluruh Sumatra diwilayah mereka, dan memungkinkan mereka mengatur serta memonopoli yang tidak bisa diabaikan pedagang Eropa.

0 comments

Recent Posts Widget
close