Batavia Dan Banten Memiliki Kisah Jawa Bermula

Menuju Timur, bisa menemukan atap-atap merah berjamur dan jalan-jalan perdesaan Cirebon dengan keratonnya. Lalu, titik di mana Jawa yang sebenarnya bermula. Tegal dan pekalongan dengan pabrik batiknya, dari kejauhan kita melihat kota kolonial yang sudah lama berdiri, semarang. Sungainya dipenuhi perahu dari seluruh Negara.

Dhow Gujarat terlihat berlabuh disisi perahu juga Tiongkok, diantara kapal-kapal dagang Belanda, terdapat banyak pedagang bangsa Eropa yang lainnya, dan telah membayar izin kapal. Kemudian, terdapat kapal Portugis usang dari Pos Timor dan Flores yang terlupakan.

Di kedua sisi terdapat lusinan sekunar padewakang berhaluan tinggi dan berwarna putih, perahu bugis dari Sulawesi yang dijajah hingga mencapai Australia. Di lorong kecil yang panas, kita dapat menagkap berbagai ragam celoteh beragam bahasa, bahasa Jawa versi lembut dan kasar yang dipakai penduduk setempat.

Berbagai hal terkait dengan sistem budaya yang dimiliki memenuhi berbagai dialek serta penduduk masyarakat setempat, yang memiliki peran terhadap sistem pembudayaan masyarakatnya. dengan dataran kuning, dan ujung Jawa pun berakhir sebelum Bali.

Pantai utara dikenal sebagai pasisir, daerah pesisir tempat dimana laut dan seluruh pengaruhnya surut ke Jawa, membuahnya lebih Belanda, lebih Muslim, Tiongkok, lebih Melayu, lebih kasar, lebih keras, lebih bersahaja dan lebih tidak adiluhung.

Namun, dibalik pesisir menjulanglah keruncut ungu besar gunung berapi yang beberapa diantaranya masih mengeluarkan asap dari puncak yang berlubang, membatasi serambi heterogen dengan pedalaman Jawa.

0 comments

Recent Posts Widget
close