Ketika Koloni-Koloni Belanda Membangunan Pusat Komoditi

Sejarah mencatat ketika Belanda masuk diperkotaan untuk menjajah wilayah. Dibangun agresi militer, dan memperkuat armada perang mereka. Sebelum masa kemerdekaan, belanda mulai masuk ke perkampungan untuk membangun komoditi masyarakat.

Sebelumnya mereka mengfungsikan masyarakat pedesaan sebagai bagian dari politik dagang mereka. Karena, dengan berbagai hal terkait dengan pundi kas mereka, merupakan salah satu kejayaan mereka melalui rempah-rempah.

Yang menarik, ketika perdagangan membawa mereka untuk memperebutkan sumber daya. Berbagai cerita mengenai markas militer mereka yang membawa sistem politik ekonomi hingga perkotaan. Masyarakat tertentu, atau biasanya disebut dengan bangsawan mulai mempelajari apa yang dibangun Belanda di perkotaan.

Hampir, wilayah jajahannya mereba Jawa, Kalimantan, hingga Sumatera yang merupakan pusat komoditi yang baik untuk pemenuhan bahan pangan mereka. Ini menyisakan waktu yang begitu lama, karena tiada henti mereka menjajah hampir pelosok Nusantara.

Karena, dengan berbagai istilah yang dibuat berdasarkan sistem perdagangan yang dibangun, dengan membayar menggunkan Golden. Istilah itu, membuat masyarakat Desa penting akan mata uang ketika itu. Penjajahan memang terjadi diberbagai wilayah di Nusantara, dimulai dari kopi, dan teh.

Memulai dengan penjajahan rempah selanjutnya, seperti lada lebih banyak ditemukan pada masyarakat pedesaan di Kalimantan. Karena, harganya yang sangat mahal maka sistem pertanian diperbesar sebagai pemasok rempah terbaik.

0 comments

Recent Posts Widget
close