Masih Pemerintahan RI, Dan Ketika Perdagangan Belanda Dimulai

Mengingat Nusantara memiliki berbagai tumbuhan serta pantai yang dekat dengan kapal Belanda yang mendekati pantai Barat Sumatera, dalam hal ini ada belasan hari untuk mencapai pelabuhan Banten dengan Jawa Barat Daya.


Sedangkan pedagang Portugis naik ke kapal untuk menghormati pendatang baru itu, siapakah ia, ternyata hanya seorang pengemudi kapal. Dengan menunjukan kesopanannya itu ia pun menjelaskan kondisi Jawa tempat sebelumnya mereka tinggal.

Ternyata hal itu pun, mustahil untuk diketahui dengan berbagai pakar yang diketahui sebagai dasar dari kesuburan dan kekayaan besar pulau itu. Dengan menjelaskan kondisi serta kedatangannya sebelumnya, perkampungan pun dibentuk berdasarkan sistem masyarakatnya, sedangkan mereka untuk diketahui hanya pendatang, dari Pulau Jawa Dan Sumatera.

Kondisi geografis yang menjadi persoalan pada masyarakat ketika itu, berlanjut pada sebelum hingga masa kemerdekaan. Mereka pun masih sama seperti itu, dengan berbagai upaya mereka dengan pendekatan budaya yang mereka bawa dari tempat asal mereka.

Pemerintahan Negara belum terbentuk seperti saat ini. Ketika, upaya dalam memahami berbagai persoalan pada masa pemerintahan Belanda dan Portugis. Memang tidak berubah karakteristik mereka, hingga saat ini.

Ada yang ditahan pun pergi menjajaki wilaya lainnya, dengan berbagai pola kehidupan mereka yang tidak teratur. Padahal alam telah membawa sumber yang berharga bagi kehidupan selayaknya dengan adanya pasar, atas kehadiran rempah-rempah yang mereka punyai. “ Tidak ada yang salah dari hal ini kecuali apa yang salah dari kami sendiri” yaitu mereka dengan lupa akan awak kapal yang membawa mereka itu.

0 comments

Recent Posts Widget
close