Wilayah Kota Kolonial Dengan Suasana Rimbun

Pada masa pemerintahan Kolonial Belanda, dapat diketahui bahwa masyarakat kota memahami angkutan transportasi seperti Sepeda, angkutan umum serta berbagai hal terkait dengan perdagangan yang menggunakan perahu, hingga ke hulu.

Yang diketahui bahwa pada masyarakat kota memahami adanya pertumbuhan kota dengan pohon lebat, dengan aneka buah-buahan, serta sayur-sayuran yang ada di Pontianak bagian Utara, sedangkan pada masyarakat kota ketika itu memang memahami berbagai potensi kota dalam sebuah preapektif masyarakat kota, berdasarkan arsitektur Belanda.

Dengan adanya pertukaran budaya melalui arsitektur yang dibawa orang-olrang Eropa, Belanda dan Jepang, memang berdampak pada mengiatnya masyarakat untuk terus menekuni berbagai pemahaman agama, hutan, pertanian, serta bangunan yang menyerupai berbagai keunikan masyarakat Desa.

Orang-orang desa, yang ketika itu masyarakat adat aslinya adalah orang Daya, akan dipahami dengan berbagai potensi yang baik terhadap dinamika kehidupan mereka di berbagai bidang. Memahami pengetahuan serta pengelolaan sumber daya alam akan diketahui dengan sistem pembangunan yang memang mengarah pada dinamika sosial ekonomi masyarakat Desa.

Pembangunan dimulai dari masyarakat Desa yang hendak memahami masyarakat urban, yang memang memiliki potensi terhadap peran pertumbuhan ekonomi, bisnis, dan pendidikan ketika itu penting untuk menopang berbagai pengetahuan masyarakat Desa untuk mengenal hasil pertanian mereka, dalam kehidupan sehari-hari mereka lebih pada kesehatan.

Jika untuk memahami berbagai aspek kehidupan masyarakat akan mengalami berbagai potensi yang baik terhadap hasil hutan yang memiliki peran terhadap dinamika budaya mereka. Kehidupan desa, yang akan tampak dengan metode pertanian yang masih tradisional yang lebih menjadi peran penting terhadap aspek kebudayaan masyarakat saat ini.

Pada masa kolonial Belanda, akan erat dengan kepemimpinan ketika itu yaitu pada masyarakat Desa, dengan peran Sultan di masing-masing distrik. Jika untuk Kalimantan Barat, memiliki sistem kerajaan yang dikenal sebagai kesultanan berdasarkan wilayah mereka berada, seperti Kerajaan Mempawah, Kuburaya, Pontianak, dan wilayah yang mengikuti aliran sungai di masing-masing keberadannya.

0 comments

Recent Posts Widget
close