Uskup Jayapura, Tahbisan Imamat di Tanah Papua

Jayapura - Selamat bagi rakyat dan umat katolik di Keuskupan Agung Jayapura - Papua, atas berkat yang luar biasa, maka untuk Monsinyur Yanuarius Theofilus Matopai You resmi ditahbiskan sebagai Uskup Jayapura pada Kamis (2/2/2023). Yanuarius menjadi orang Papua pertama yang menjadi uskup dalam 128 tahun sejarah gereja Katolik di Tanah Papua.

Hadir dalam acara pentahbisan tersebut, selain itu hadir pula sejumlah kepala daerah di Papua, dan Paus Fransiskus telah mengumumkan dengan baik pada tanggal 27 Oktober 2022, sejak itu. Membaca geografi dan masyarakat adat di Papua tentunya dengan baik adanya aspek kehidupan sosial budaya dan agama katolik di papua serta konflik etnik yang terjadi.

Ego Vobisccum Sum” yang berarti ’Aku Menyertai Kamu’. Moto itu diambil dari Pasal 20 Ayat 28 Injil Matius. Keuskupan Jayapura terdiri atas empat wilayah dekanat, yaitu Pegunungan Papua di Wamena, Jayapura yang mencakup hingga Sarmi, Keerom, serta Pegunungan Bintang.

Misi lainnya ialah bersinergi dengan umat beragama lain, pemerintah, lembaga sosial, serta aparat TNI dan Polri. Yanuarius juga membawa misi kemandirian dalam keuangan. Selain itu, dia akan membangun gereja dengan ciri khas kebudayaan Papua, baik dari sisi sarana, lagu, maupun bahasa. Ada juga rencana menggelar kelas pendidikan adat di setiap sekolah Katolik.

Dengan tugas tersebut, kita menyadari bahwa berbagai konflik, hukum Hak Asasi Manusia dan keadilan ditegakan dengan adanya konflik – konflik etnik yang terjadi hingga saat ini terjadi dengan adanya perubahan sosial dan etnik di tanah papua.

 

0 comments

Recent Posts Widget
close