Gedung Gajah Nan Megah Di Indonesia

Sejarah apa yang tersimpan di Musem Gajah yang terkenal dengan sebutan Gedung Gajah atau museum gajah. Demikian hal ini diutarakan dengan tepat dimana terdapat patung gajah perunggu. Patung tersebut dapat diketahui sebagai kenang-kenangan dari yang mulia somjed prapara mintrama chulalangkorn dari Thailand untuk pemerintahan Batavia pada kunjungan pertamannya ke Indonesia.

Gedung gajah yang dibangun pada tahun 1862 ini sejak awal memang dirancang untuk dijadikan museum, dimana tersimpan koleksi milik Bataviaash Genootschap van Kunsten en Wetenschappen, dimana ada sebuah lembaga independen besutan pemerintahan Belanda yang punya misi memajukan penelitian di bidang seni dan ilmu pengetahuan.

Kemudian, Bataviaash Genootschap van Kunsten en Wetenschappen yang didirikan pada 24 April 1778 berubah nama menjadi Lembaga Kebudayaan Indonesia (LKI) pada Januari 1950. Yang kemudian pada tanggal 17 September 1962 LKI mewariskan pengelolaan museumnya kepada pemerintah. 

Yang menarik adalah koleksi prasejarah, dimana pengunjung akan diajak masuk ke masa ketika manusia belum mengenal tulisan dan berbagai koleksi prasejarah dan menariknya berbagai pengetahuan, serta koleksi yang sudah tertata di Gedung Gajah tersebut.

0 comments

Recent Posts Widget
close