Historitas Hari Jadi Jember

Ada yang menarik tentang Jember, dimana ujung Timur Jawa merupakan wilayah yang nyaris tidak begitu menarik. Dalam hal ini, historisitas Jember selama ini hanya berkutat pada materi-materi tertentu saja, dengan bersifat fragmentasi dan berupa mozaik yang perlu diketahui dengan tata rekonstruksinya.

Banyaknya kaum intelektual yang memiliki cerita menarik terhadap kebudayaan sejarah daerah. Mungkin, kurang matang karena terbatasnya waktu. Tetapi, polemic historis Jember terkait dengan penggunaan besluit staatblad nomor 322 yang kontroversial.

Kemudian, penggunaan yang cukup lama, maka pada November 2014 dimana beberapa para ahli dan pengiat sejarah telah digalang untuk mengadakan diskusi dan sarasehan guna merevisi beberapa hal yang begitu alternative.

Jika memahami sejarah Jember sebagai suatu entitas dan merupakan aspek integral dalam jati diri masyarakatnya, yang kemudian telah di-introdusir sedemikian rupa dan menjadi salah satu instrument yang dilekatkan pada kepentingan politik, dan social.

0 comments

Recent Posts Widget
close