Sejarah Penyeragaman Desa di Indonesia

Bagaimana dengan melihat potensi Desa, dan upaya apa saja yang dilakukan untuk Desa di Indonesia. Hal mengenai Desa dapat dipahami sejak Indonesia menjadi Negara yang merdeka. Upaya yang terutama bertujuan untuk mengubah Desa-Desa di Indonesia menjadi komponen yang sinkron dengan sistem kenegaraan kita tidak mudah direalisasikan karena hakikatnya Desa di Indonesia sungguh beragam.

Istilah Desa itu sendiri semula hanya di kenal di Jawa, Madura dan Bali, itupun berasal dari suatu nama yang asing yang kemudian berubah menggunakan Bahasa kuno ketika itu. 

Hal ini berarti mempunyai makna, jika berbagai tempat di Indonesia terdapat beragam istilah yang sekalipun tidak mudah disetarakan dengan Desa di Jawa namun memiliki kesamaan-kesamaan, seperti mukim, kampong, nagari dan lainnya.

Maka, dalam hal ini kesulitan mengenai pemahaman tentang Desa dengan fenomena serupa di luar Jawa yang berkaitan dengan beberapa factor, antara lain factor luas, wilayah, kepadatan penduduk, integritas masyarakatnya. Kemudian, mengenai luas wilayah Desa-Desa di luar Jawa

0 comments

Recent Posts Widget
close