Kelas Pekerja : Istilah Masa Kolonial Dengan Budak

Pada masa colonial, masyarakat yang menjadi sasaran terhadap kerja paksa pada masa itu meliputi pada masa Jepang selanjutnya masa kolonial. Dengan adanya pembangunan diberbagai wilayah masyarakat perkotaan, serta masyarakat yang terhimpit dengan sistem tatanan sosial masyarakat budaya sosial masyarakat lokal terhadap berbagai pekerjaan yang dikerjakan.

Konsep budak diterapkan dengan istilah pembangunan massal dengan jalan public, untuk mengangkut komoditi yang diharapkan dari hasil jajahannya. Sistemnya pun sederhana, dengan menjadikan tuan rumah wilayah mereka terutama Sultan untuk bekerjasama.

Itu adalah salah satu konsep manajemen yang amat sederhana ketika itu, sehingga yang banyak menarik upah dan pajak adalah pemilik hasil komoditi yaitu tuan Belanda, kemudian pegawai yang bekerja bersama Sultan ketika itu.

Sistem kerja yang diterapkan, tentunya dengan teknologi yang amat sederhana pula. Sementara, pencatatan yang dilakukan juga demikian. Pengetahuan ketika itu masih dikuasai Negara asing, masih sedikit orang yang bekerja ketika menggunakan pengetahuannya yang baik.

Pada masa yang berbeda, untuk memahami berbagai kebutuhan masyarakatnya hendaknya diketahui dengan sistem pembelajaran bersama ketika dengan peran serta yang dibuat dengan sistem sederhana.

Ketika itu, masih dengan Bahasa yang dapat diketahui oleh mereka dengan istilah tuan-tuan pemilih komoditi. Tentunya, ketika memimpin akan berbeda pada masa penjajahan itu. Melanjutkan dengan pengetahuan yang diketahui bahwa, setiap perkebunan yang menjadi pemiliknya akan berbeda dengan masa sebelumnya Kemerdekaan Republik Indonesia.

Yang paling sengit ketika itu, ada di Sumatera disana perkebunan dihasilkan dan menjadi penting pada masa Belanda untuk memenuhkan pembendaharaannya, tidak terkecuali dengan Kalimantan. Tetapi, dengan majunya kebutuhan pada masa itu telah mengubah berbagai aspek kelas pekerja, untuk memahami bahwa yang menjadi penting dalam mencapai tingkat kebutuhan pekerja ketika itu.

0 comments

Recent Posts Widget
close