Komoditi Yang Di Tanam, Sub Distrik Kab. Sintang

Memahami pola tanaman karet pada masa colonial Belanda, dengan jajaran yang berada sistem pertanian tanaman keras merupakan hasil dari penciptaan berbagai program yang diketahui sebelumnya pada masa Kolonial Belanda.

Karet atau rubber merupakan hasil dari pembahasan mengenai berbagai persoalan dari sistem tanaman yang memang berada pada posisi yang melekat pada sistem pertanian masyarakat, yang memang berada pada sistem yang diterapkan, pada masa pemerintahan Orde Baru dengan meneruskan berbagai usaha terhadap kemajuan pedesaan.

Banyaknya tanaman karet ini berada pada kebutuhan akan komoditi, yang menjadi salah satu pemesanan yang berada pada sistem tani yang diterapkan di Sintang tepatnya, guna meningkatkan ekonomi masyarakat Daya, sebagai penghasil karet diwilayah sub-distrik.

Ketika, memahami berbagai kebutuhan yang melekat pada setiap kebutuhan masyarakat, dengan meningkatkan hasil ekonomi diberbagai sector tanaman keras ini, merupakan hasil dari pembelajaran yang diperkenalkan, melalui peran gereja katolik sebagai bagian dari sistem yang penting terhadap pertanian, dan kemajuan wilayah.

Peran tokoh agama ketika, itu merupakan hasil dari setiap pembatasan wilayah yang dilakukan berdasarkan mekanisme yang diterapkan dengan berbagai istilah yang melekat pada dinamika sosial masyarakat yang melekat yang berada pada posisi masyarakat pedesaan ketika itu.

Lekatnya, peran perdagangan komoditi diberbagai wilayah, membuat hubungan program lainya menjadi persoalan mengenai masyarakatnya. Keributan pada tahun 1970an merupakan hasil berbagai hubungan konflik dengan melibatkan masyarakat Desa, sebagai masalah bagi setiap batasan wilayah.

Bagaimana peran militer ketika itu, tentunya dengan adanya hubungan tokoh agama menjadi persoalan terhadap istilah yang diketahui dengan mekanisme yang membuat berbagai hubungan masyarakat menjadi tegang. Belum lagi, dengan adanya pendatang diberbagai wilayah, untuk menjadi alternatif mengenai aspek ekonomi dan pengetahuan.

0 comments

Recent Posts Widget
close