Penyebaran Pendudukan Budaya Masyarakat Suku Jawa, Batak

Urbanisasi merupakan salah satu langkah masyarakat pedesaan untuk dikota, ntah itu berdasarkan pekerjaan, tugas pemerintah, serta kepentingan politik, dan merubah nasib. Itu yang dipraktikan oleh masyarakat suku Batak dan Jawa ketika datang di Pontianak.

Pada  masyarakat suku Jawa hendaknya tidak merantau berdasarkan garis keterunannya, tetapi dalam sejarah manusia hendaknya diketahui mereka bekerja dengan upaya mencapai tingkat sosial di masyarakat yang berperan untuk memahami kapasitas mereka terhadap sistem sosial mereka.

Apa yang dikerjakan masyarakat Batak, dengan sistem pekerjaan yang mereka kerjakan adalah perkebunan, kapal, dan baru ini merabah pada aspek pendidikan dan kesehatan, yang merupakan salah satu persoalan saat ini, yang tidak memahami asal usul mereka terhadap pemahaman mengenai masa lalu yang dibuat.

Penghancuran pada sistem pendidikan melalui masyarakat Jawa, kemudian kesehatan yang dilakukan saat ini, dengan menggunakan suku Batak, dalam sistem politik yang memberikan arti terhadap persoalan dunia medis yang harus ditanggapi dengan serius.

Berbagai persoalan yang mereka kerjakan apakah memiliki kepentingan terhadap masalah keberadaan mereka ketika berkuasa pada sistem politik saat ini. Yang berada pada suku Batak, tentunya menjadi garis besar terhadap pola kehidupan mereka pada bidang tersebut, pada suku Daya.

Yang menarik kembali, dalam hal ini setidaknya menjadi catatan bahwa ada manusia yang memang berada pada sistem tersebut dengan dinamika budaya yang diangkat pada kebutuhan manusia. 

Menjadi catatan sejarah terhadap persoalan di masyarakat saat ini, merupakan sumber dari masalah terhadap program yang direncanakan, dan tidaknya dalam suatu dasar untuk aspek tersebut. Terkesan memiliki kepentingan politik, dengan pendekatan masyarakat Jawa dan Melayu.

0 comments

Recent Posts Widget
close